Minggu, 07 April 2013

Paedagogi Abad ke-21

Paedagogi Abad 21 yang sering juga dikenal dengan istilah Progressive Pedagogy.

Paedagogi tidak sekedar harus dimengerti, namun juga bagaimana cara untuk mengaplikasikannya. Pada saat ini, kualitas seorang pengajar itu mulai mengalami penurunan dibandingkan jaman dulu. Ketika hal tersebut dihubungkan dengan seni mengajar, sebenarnya pengajar dalam generasi sekarang ini kebanyakan tidak memenuhi kriteria seorang pengajar yang sesungguhnya. benar saja, dulu tidak mudah mendapatkan posisi sebagai pengajar dimana tes yang dilakukan lumayan ketat dilihat dari kemampuan akademik atau seberapa ilmu yang ia miliki atau berdasarkan jenjang pendidikannya. Selain itu juga, pengajar pada saat itu tidak hanya mengajarkan ilmu / akademik kepada siswanya tetapi juga mendidik anak secara moral.

Nah dibandingkan saat ini, abad ke-21, posisi pengajar bisa saja tidak ditempati oleh mereka yang tidak berjiwa seorang pengajar. Pengajar sekarang ini kebanyakan tidak memenuhi standar ilmu yang seharusnya mereka miliki. Terkadang juga pendidikan moral diabaikan. Apalagi dengan adanya kemajuan teknologi, mau tidak mau, pengajar dituntut untuk semakin kreatif dan menuntun siswanya untuk lebih aktif dan mengikuti perkembangan IPTEK yang positif. Pengajar juga dituntut untuk menuntun siswa supaya tidak lari dari kurikulum yang telah dibuat dan juga dapat mengendalikan aktifitas mereka. 
Jelas terlihat bahwa pada masa sekarang ini kekuatan paedagogi adalah membuat pelajaran semakin praktis dan dilihat dari konsep teoritis. Teori memang merupakan sesuatu yang paling praktis, namun yang perlu diperhatikan juga bagaimana cara para pengajar menggunakan dan memanfaatkan teori tersebut sebagai paedagogi praktis.

Tidak ada komentar: