Judul penelitian :
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI
TERHADAP METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA
KELAS XI IPA SMAN 1 PANGKALAN KERINCI, RIAU
Instansi :
Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
Penulis :
Amelia Pramitasari, Yeniar Indriana, Jati Ariati
Abstrak :
Salah satu metode pembelajaran yang
kemungkinan dapat meningkatkan motivasi belajar adalah metode pembelajaran
kontekstual. Penerapan metode pembelajaran kontekstual ini pada pelajaran
Biologi akan dinilai oleh siswa baik secara kognitif maupun afektif. Persepsi
siswa terhadap metode pembelajaran kontekstual akan mempengaruhi perilaku
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan
Kerinci berjumlah 153 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan
positif yang signifikan antara persepsi terhadap metode pembelajaran
kontekstual dengan motivasi belajar Biologi.
Keywords :
persepsi, pembelajaran kontekstual,
motivasi belajar Biologi, siswa kelas XI IPA.
Latar belakang penelitian :
Di Indonesia, pembelajaran
kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang disarankan dalam
kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Metode pembelajaran kontekstual
yang diterapkan dalam pelajaran Biologi nantinya akan dipersepsikan oleh siswa
kelas XI IPA. Siswa akan mempersepsi metode pembelajaran
kontekstual secara afeksi dan kognisi. Persepsi siswa secara kognisi yaitu
berkaitan dengan bagaimana pandangan siswa terhadap metode pembelajaran
kontekstual yang diterapkan pada pelajaran Biologi. Persepsi siswa secara
afektif adalah bagaimana penilaian siswa terhadap pembelajaran kontekstual pada
pelajaran Biologi yang terkait dengan perasaan dan emosinya.
Metode penelitian :
Penelitian ini dikenakan pada siswa
kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan kerinci. Jumlah subyek penelitian 153 siswa yang
terdiri dari 5 kelas dengan rincian: XI IPA 1 sebanyak 29 siswa , XI IPA 2
sebanyak 30 siswa, XI IPA 3 sebanyak 32 siswa, XI IPA 4 sebanyak 30 siswa dan
XI IPA 5 sebanyak 32 siswa. Total sampel yang digunakan untuk penelitian ini
tiga kelas dan dua kelas digunakan untuk ujicoba. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode self-report dengan menggunakan
alat ukur skala sikap model Likert dengan empat pilihan jawaban.
Hasil penelitian :
Hasil dari penelitian ini sesuai
dengan hipotesis yang diajukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara variable persepsi terhadap pembelajaran kontekstual dengan motivasi belajar
Biologi. Persepsi terhadap
pembelajaran kontekstual memberi sumbangan efektif sebesar 64,7% terhadap
motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci.
Kesimpulan :
Terdapat hubungan positif yang
signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran kontekstual dengan motivasi
belajar Biologi, yang berarti bahwa hipotesis yang menyatakan adanya hubungan
positif yang signifikan antara persepsi terhadap pembelajaran kontekstual
dengan motivasi belajar Biologi diterima. Semakin positif persepsi terhadap
pembelajaran kontekstual maka semakin tinggi motivasi belajar Biologi siswa
kelas XI IPA dan sebaliknya, semakin negatif persepsi terhadap pembelajaran kontekstual
maka semakin rendah motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA.
*klik Jurnal disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar