Minggu, 16 September 2012

pengalaman pribadi dan analisis kasus (pert.2)

Pengalaman ketika mengikuti Bimbingan Belajar pada masa SMA.
Umumnya, Bimbel merupakan tempat pembelajaran kedua terpenting setelah sekolah formal di pagi hari. Bagiku secara pribadi, Bimbel sangat membantu dalam proses belaajr sehari-hari. yaa.. tau sendiri kan terkadang di sekolah itu guru menerangkan dan berkesan lepas tangan. Mau siswanya mengerti atau tidak, dapat menerima atau tidak sepertinya kurang diperhatikan.
Nah kalau di Bimbel, apa yang kurang dimengerti dan dicerna dapat langsung ditanyakan secara tatap muka sama abang dan kakak tentor yang bisa kita pilih sendiri tentunya (mana yang cakep atau cantik. hehehe). Sistem pembelajaran di Bimbel juga berkesan lebih mempermudah, membuat rumus-rumus yang seabrek itu become so simple dari yang kita dapat di sekolah.
Hal yang paling menarik adalah dapat berdiskusi dengan sesama teman tentang topik-topik sulit, bersama-sama mengerjakan soal, pusing sama-sama dan bahagia pula sama-sama ketika berhasil menemukan jawaban dari soal-soal yang mungkin hanya segelintir orang yang mampu mengerjakannya.

Analisis berdasarkan Teori Vygotsky (ZPD - Zone of Proximal Development)
Dikatakan bahwa jika siswa masuk dalam ZPD, ketika tidak dapat menyelesaikan masalah sendiri, pada akhirnya dapat menyelesaikannya setelah mendapat bantuan dari orang yang lebih dewasa atau temannya yang lain. Bantuan atau support yang diberikan dimaksudkan agar siswa tersebut nantinya dapat menghadapi tingkat kesulitan masalah yang lebih tinggi pada tingkat kognitifnya.
Ya, dari sini dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang siswa, aku merasa berada dalam zona ini. Mencari pemecahan soal-soal dari abang dan kakak tentor dan berbagi dengan teman-teman yang lain. Sehingga untuk di masa mendatang, mampu menghadapi tingkat soal dan rumus-rumus eksakta yang lebih tinggi.. 

3 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

Sarah.. analisisnya baik, dan pasti menjadi lebih maksimal jika digali dari pembahasan Vygotsky lainnya....

Kemudian...hasil diskusi kelompoknya kog belum ada non?

Sarah Situmorang mengatakan...

ya Bu. karena waktu pertemuan di kelas fokusnya ke ZPD saja sama elienz dan santri.

ini barusan di posting hasil diskusinya Bu :(

psipddk3sks mengatakan...

...cukup waktu untuk memaksimalkan..:)
beri sentuhan gambar atau grafis yang relevan..:)