Sabtu, 08 Desember 2012

Tugas Observasi SMK TRITECH ( Jl. Bhayangkari - Krakatau ) Medan

Nama observer  : Sarah Situmorang
NIM  : 09 - 078
Kelas yang diobservasi  : XI MM - 3 Reguler
Mata Pelajaran  : 3D
Nama Guru  : Weddy
Waktu Observasi : 11.45 WIB s/d 12.15 WIB
Durasi Observasi  : 30 menit
Jumlah siswa dalam kelas : 26 orang ( 17 laki-laki & 9 perempuan)
Media Pembelajaran yang digunakan Guru  :
Laptop (Program: Google Sketch Pro), TV LCD
Media Pembelajaran yang digunakan Siswa  : 
Laptop (Program: Google Sketch Pro), Alat tulis
Situasi fisik kelas :
- Benda-benda yg terdapat di dalam kelas : TV LCD, meja dan kursi guru, kursi bermeja (27 bh), white board, lampu neon 3 bh (1 bh tdk menyala), 2 bh AC (tdk berfungsi), kipas angin, jam dinding, kabel cabang arus listrik.
- Tata letak : meja dan kursi guru berada di depan para siswa.
- Penutup kelas berupa kaca yang tembus pandang.
Alat Observasi :
Kertas dan Pulpen


Panduan Observasi : Tabel 5.3 (Hal 186)
Deskripsi
Tahapan
Kondisi Kelas
Persiapan Belajar
Memperhartikan
Pada awal proses belajar dimulai, para siswa mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru ttg hal yg akan dipelajari hari itu.
Harapan
Guru menunjukkan sketsa (denah interior rumah) yg harus dikerjakan dan memberitahukan hal-hal yg harus diperhatikan.
Pengambilan kembali informasi utk dibawa ke ingatan kerja
Ketika para siswa ditanyakan pelajaran sebelumnya, mereka dpt menjawab dgn baik.
Akuisisi dan kinerja
Persepsi selektif terhadap ciri stimulus
Setelah ditunjukkan sketsa, para siswa lgsg mempraktekkannya di laptop masing2 dan mengembangkan stimulus tsb.
Pengkodean semantik
Sambil mengerjakan sketsa, para siswa diingatkan kembali ttg pelajaran yg lalu sebagai dasar pengerjaan tugas tsb sambil bertanya kpd teman2 yg lain juga.
Pengambilan kembali dan respons
Berbagai macam bentuk sebagai simbol ruangan/benda/letak dikembangkan di dlm sketsa.
Penguatan
Sebagian siswa menunjukkan setengah dari hasil pekerjaan mereka kepada guru scr lgsg dan mengkonfirmasinya.
Transfer Belajar
Pengambilan Petunjuk
Para siswa dpt menempatkan simbol2 maupun bentuk2 baru yg dituang ke dalam sketsa.
Kemampuan Generalisasi
Terlihat bahwa para siswa dgn yakin menyatakan bahwa simbol2 baru tsb sgt membantu utk materi belajar selanjutnya.


Analisis Observasi Belajar: Tabel 5.2 (Hal 180)
Kategori Belajar
Penampilan
Informasi Verbal
Adanya komunikasi yg baik antara guru dan para siswa saat diberikan/ditampilkan sketsa yg harus dikerjakan di dalam kelas.
Keterampilan Intelektual
Sebagian besar siswa (meskipun ada bbrp yg tdk bawa laptop) mampu mengerti maksud dari pemberian sketsa tsb.
Strategi Kognitif
Secara perlahan, para siswa mulai mencontoh sketsa yg diberikan guru ke laptop mereka masing2, menempatkan simbol2 yg terdapat di dalamnya, dan ada jg yg memodifikasi sketsa sesuai dgn kreasi mereka.
Keterampilan Motorik
Tdk begitu terlihat tindakan fisik dari siswa karena sebagian besar hanya duduk berfokus kepada laptop masing2 sambil sesekali bertanya kepada teman2 samping/depan/belakang.
Sikap
Bagi siswa yg membawa laptop, terlihat serius dgn laptopnya, terus mencoba berkesperimen terhadap sketsa mereka. Namun bagi mereka yg tdk, hanya duduk sambil bercerita dan sesekali mengganggu teman sebelah mereka. Tidak jarang juga ada yg memanggil gurunya berkali-kali padahal tdk ada hal yg ingin ditanyakan.


..Merupakan pengalaman yg menarik dapat melakukan observasi di SMK Tritech ini. Begitu sampai di tempat, terlihat dari bangunannya saja sedang dalam masa pembangunan, yaa..pastinya pemilik sekolah memiliki pandangan dan ekspektasi yg besar thdp sekolah tsb utk masa yg akan datang.
Sekolah bertaraf internasional dimana teknologi sangat diperhatikan dalam proses belajar. Mulai dari penggunaan laptop secara wajib, tidak lg menggunakan in focus namun lgsg memakai TV LCD yg disambungkan ke laptop Guru.

Berkunjung ke SMK ini juga menambah informasi yg bisa saya bagikan kepada Ayah yg kebetulan adalah seorang staff pengajar di salah satu SMK Penerbangan di Medan :) Kondisi kelas, interaksi guru dan murid, sistem pembelajaran yg sangat berbasis teknologi, semuanya menjadi masukan positif.

Intinya, observasi ini sangat berkesan dan menarik apalagi dilakukan bersama teman-teman yg lain dengan berbagai cerita dan kesan mereka masing-masing.
Beramai-ramai begini, jadi teringat Studi Banding nih..
huuuaaaa :D

Tidak ada komentar: