NIM : 09 - 078
Kelas yang diobservasi : XI MM - 3 Reguler
Mata Pelajaran : 3D
Nama Guru : Weddy
Waktu Observasi : 11.45 WIB s/d 12.15 WIB
Durasi Observasi : 30 menit
Jumlah siswa dalam kelas : 26 orang ( 17 laki-laki & 9 perempuan)
Media Pembelajaran yang digunakan Guru :
Laptop (Program: Google Sketch Pro), TV LCD
Media Pembelajaran yang digunakan Siswa :
Laptop (Program: Google Sketch Pro), Alat tulis
Situasi fisik kelas :
- Benda-benda yg terdapat di dalam kelas : TV LCD, meja dan kursi guru, kursi bermeja (27 bh), white board, lampu neon 3 bh (1 bh tdk menyala), 2 bh AC (tdk berfungsi), kipas angin, jam dinding, kabel cabang arus listrik.
- Tata letak : meja dan kursi guru berada di depan para siswa.
- Penutup kelas berupa kaca yang tembus pandang.
Alat Observasi :
Kertas dan Pulpen
Panduan Observasi : Tabel 5.3 (Hal 186)
Deskripsi
|
Tahapan
|
Kondisi
Kelas
|
Persiapan Belajar
|
Memperhartikan
|
Pada awal proses belajar dimulai, para siswa mendengarkan
penjelasan dan arahan dari guru ttg hal yg akan dipelajari hari itu.
|
Harapan
|
Guru menunjukkan sketsa (denah interior rumah) yg harus dikerjakan
dan memberitahukan hal-hal yg harus diperhatikan.
|
|
Pengambilan kembali informasi utk dibawa ke ingatan kerja
|
Ketika para siswa ditanyakan pelajaran sebelumnya, mereka
dpt menjawab dgn baik.
|
|
Akuisisi dan kinerja
|
Persepsi selektif terhadap ciri stimulus
|
Setelah ditunjukkan sketsa, para siswa lgsg
mempraktekkannya di laptop masing2 dan mengembangkan stimulus tsb.
|
Pengkodean semantik
|
Sambil mengerjakan sketsa, para siswa diingatkan kembali
ttg pelajaran yg lalu sebagai dasar pengerjaan tugas tsb sambil bertanya kpd
teman2 yg lain juga.
|
|
Pengambilan kembali dan respons
|
Berbagai macam bentuk sebagai simbol ruangan/benda/letak
dikembangkan di dlm sketsa.
|
|
Penguatan
|
Sebagian siswa menunjukkan setengah dari hasil pekerjaan
mereka kepada guru scr lgsg dan mengkonfirmasinya.
|
|
Transfer Belajar
|
Pengambilan Petunjuk
|
Para siswa dpt menempatkan simbol2 maupun bentuk2 baru yg
dituang ke dalam sketsa.
|
Kemampuan Generalisasi
|
Terlihat bahwa para siswa dgn yakin menyatakan bahwa
simbol2 baru tsb sgt membantu utk materi belajar selanjutnya.
|
|
Kategori Belajar
|
Penampilan
|
Informasi Verbal
|
Adanya komunikasi yg baik antara guru dan
para siswa saat diberikan/ditampilkan sketsa yg harus dikerjakan di dalam
kelas.
|
Keterampilan Intelektual
|
Sebagian besar siswa (meskipun ada bbrp yg tdk
bawa laptop) mampu mengerti maksud dari pemberian sketsa tsb.
|
Strategi Kognitif
|
Secara perlahan, para siswa mulai mencontoh
sketsa yg diberikan guru ke laptop mereka masing2, menempatkan simbol2 yg terdapat
di dalamnya, dan ada jg yg memodifikasi sketsa sesuai dgn kreasi mereka.
|
Keterampilan Motorik
|
Tdk begitu terlihat tindakan fisik dari siswa
karena sebagian besar hanya duduk berfokus kepada laptop masing2 sambil
sesekali bertanya kepada teman2 samping/depan/belakang.
|
Sikap
|
Bagi siswa yg membawa laptop, terlihat serius
dgn laptopnya, terus mencoba berkesperimen terhadap sketsa mereka. Namun bagi
mereka yg tdk, hanya duduk sambil bercerita dan sesekali mengganggu teman
sebelah mereka. Tidak jarang juga ada yg memanggil gurunya berkali-kali
padahal tdk ada hal yg ingin ditanyakan.
|
..Merupakan pengalaman yg menarik dapat melakukan observasi di SMK Tritech ini. Begitu sampai di tempat, terlihat dari bangunannya saja sedang dalam masa pembangunan, yaa..pastinya pemilik sekolah memiliki pandangan dan ekspektasi yg besar thdp sekolah tsb utk masa yg akan datang.
Sekolah bertaraf internasional dimana teknologi sangat diperhatikan dalam proses belajar. Mulai dari penggunaan laptop secara wajib, tidak lg menggunakan in focus namun lgsg memakai TV LCD yg disambungkan ke laptop Guru.
Berkunjung ke SMK ini juga menambah informasi yg bisa saya bagikan kepada Ayah yg kebetulan adalah seorang staff pengajar di salah satu SMK Penerbangan di Medan :) Kondisi kelas, interaksi guru dan murid, sistem pembelajaran yg sangat berbasis teknologi, semuanya menjadi masukan positif.
Intinya, observasi ini sangat berkesan dan menarik apalagi dilakukan bersama teman-teman yg lain dengan berbagai cerita dan kesan mereka masing-masing.
Beramai-ramai begini, jadi teringat Studi Banding nih..
huuuaaaa :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar