Minggu, 30 Mei 2010

UAS Psikologi Pendidikan-Sarah Situmorang

UAS Psikologi Pendidikan 09
Sarah Yunianty Situmorang

4 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 1. Sarah coba uraikan dengan salah satu teori psikologi pendidikan sehubungan dengan alasan kamu memasang foto dengan ukuran besar dengan latar not balok di blogmu ini.

Sarah Situmorang mengatakan...

Jawaban UAS (1)

Terima kasih bu atas pertanyaannya.

Alasan sarah memasang foto dengan ukuran besar dengan latar not balok di blog ini, berhubungan dengan Pengetahuan Kogntif. "Pengadopsian aliran kognitifistik memerlukan aplikasi dari pengetahuan kognitif musik sebagai salah satu upaya untuk menjelaskan hubungan antara musik sebagai pengalaman dan musik sebagai wacana saintifik"(Djohan.2009.Psikologi Musik, 47-48.) Kognitifistik merupakan aliran yang berhubungan dengan aktifitas mental termasuk memperoleh dan memroses informasi (kognisi) atau pengetahuan faktual yang empiris. sedangkan saintifik berhubungan dengan uji coba yang mengarah pada sesuatu yang akan diperoleh.
Dalam hal ini, yang menjadi kognisi dalam merancang blog ini adalah latar, foto, tata letak font, dsb untuk digubah menjadi wacana saintifik yang diuji coba dengan memasang latar blog dan foto dengan ukuran besar tersebut.
Saya menyukai dan sangat 'jatuh cinta' terhadap semua hal yang berhubungan dengan musik dan piano. Karena kebetulan saya cukup lihai dalam memainkannya. Oleh karena itu, sejak kecil sampai sekarang rasanya semua hal kalau bisa ditampilkan dalam nuansa musik, saya akan menampilkannya. Saya mencari latar belakang not ini dari salah satu web penyedia blogger layout (Pyzam.com). Setelah mendapat layout music yang menarik, saya mengcopy html code-nya lalu saya paste ke dalam pengaturan layout blog saya. Hasilnya sangat memuaskan. Dengan melihat layout blog saya saja, dapat saya pastikan pengunjung yang mengintip blog saya akan menyadari bahwa pemiliknya sangat cinta akan musik.
Foto ukuran besar yang saya letakkan di bagian atas adalah foto yang diambil saat saya sedang ada pelayanan di gereja. Foto yang bagus (menurut saya) sehingga saya memasangnya dengan ukuran besar. Agak 'narsis' memang, tapi terlihat match dengan layout not balok yang saya pasang dalam blog ini.
Sekian jawaban saya bu.
Terima kasih. :)

Sarah Situmorang mengatakan...

Terima kasih Bu buat pertanyaannya.

Grading (pemberian nilai) berarti menerjemahkan informasi penilaian deskriptif ke dalam angka atau simbol lain yang menunjukkan kualitas dari pembelajaran atau kinerja peserta didik (Santrok;668).

Setelah melewati 1 semester pembelajaran, pasti ada penilaian terhadap kinerja mahasiswa dan sejauh mana kami dapat memahami segala bentuk pembelajaran yang telah berjalan. Setiap mahasiswa ingin mengetahui berapa angka atau simbol yang diberikan kepadanya sehubungan dengan penilaian kinerja selama mata kuliah psikologi pendidikan dilaksanakan.
Namun hal tersebut belum terlaksana dimana Ibu belum men-delivery nilai. Saya pribadi sangat memaklumi hal ini. Karena Ibu juga memiliki banyak tanggung jawab lain yang mungkin lebih diprioritaskan. Bukan berarti nilai kami tidak penting, namun hal lain juga perlu mendapat perhatian Ibu secara lebih. Seperti urusan keluarga, rumah tangga, keperluan yang menyangkut kegiatan sehari - hari diluar urusan kampus.

Saya percaya, baik buruknya nilai kami bukan hanya ditentukan pada saat Ibu memberi angka/simbol saat itu tetapi juga sudah dapat dilihat dan diprediksi melalui kinerja dan sistem belajar setiap mahasiswa selama 1 semester ini. Apakah selama mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan ini, mahasiswa melakukan segala sesuatu baik tugas pribadi maupun kelompok dengan baik, maka mungkin dapat dipastikan akan mendapat nilai baik pula. Atau sebaliknya merasa tidak memberikan yang terbaik dari kemampuannya selama 1 semester ini, maka mungkin dipastikan pula kan mendapat nilai yang tidak begitu baik. Jadi. belum terlaksananya proses men-deliveri nilai ini, saya sendiri dapat memaklumi dan memahaminya.

Demikian jawaban saya Bu..
Terima kasih :)

psipddk3sks mengatakan...

Sarah skor UASmu 85